Tips Untuk Mencegah Si Pencuri Mengambil Ponsel Anda



Wowtekno.com - Manusia yang memang tidak akan terlepas dari sifat lalai dalam menjaga barang-barang berharganya. Wajar saja jika banyak orang yang memanfaatkan kelalaian orang dengan mencuri barang-barang berharga milik siapapun. Apalagi bila barang yang Anda miliki bernilai hingga jutaan.

Ponsel yang semakin canggih yang sekarang memiliki harga yang sepadan pula. Selain dari itu, benda yang seukuran genggaman tangan tersebut juga memiliki resiko untuk bisa dicuri.

Berikut adalah cara untuk mencegah pencuri mengambil ponsel Anda.

1. Jangan letakkan ponsel Anda tanpa pengawasan 

Memang untuk saran ini sangatlah umum, dan sering juga Anda dengar. Akan tetapi saran tersebut memiliki alasan karena benda tanpa pengawasan itu mudah sekali untuk dicuri. Hindari kebiasaan untuk meninggalkan ponsel Anda di meja restoran, atau tempat umum dan lainnya.

2. Ketahui nomor IMEI ponsel Anda

Dua dari tiga orang yang akan melaporkan ponselnya hilang tidaklah mengetahui nomor identifikasi unik yang ada diponsel, atau yang biasa disebut juga yakni IMEI.

Untuk pengguna OS Android, nomor IMEI ini terletak pada bagian belakang baterai, sementara untuk pada iPhone terdapat pada tutup belakang ponsel tersebut. Anda juga akan bisa menekan *#06# untuk sebagian ponsel tertentu. Simpan nomor IMEI tersebut untuk berhati-hatilah bila ada masalah.

3. Simpan data cadangan di penyimpanan data secara online

Ponsel Anda juga jelas memiliki data-data yang penting seperti nomor teman Anda, kumpulan foto-foto, video ataupun dokumen lainya.

Memiliki cadangan untuk setiap hal penting dengan menyimpannya secara online lewat aplikasi seperti iCloud maupun Google Drive. Dengan begitu pula, apabila ponsel Anda dicuri, data-data yang di dalamnya masih bisa kembali pada Anda.

4. Unduh aplikasi yang bisa melacak ponsel

Ada ratusan aplikasi yang akan menawarkan fasilitas pelacakan ponsel. Cukup mengaktifkan GPS dan masuk ke dalam akun digunakan oleh ponsel tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk melacak ponsel Anda bila dicuri.

Namun, biasanya aplikasi ini memiliki kekurangan, yakni aplikasi tersebut berhenti melakukan pelacakan apabila ponsel itu telah dimatikan. Jadi usahakan juga untuk menggunakan fitur ini saat Anda menyadari dimana terakhir kali Anda meletakkan ponsel.

5. Gunakanlah perangkat hands free

Earphone yang merupakan salah satu dari perangkat hands free yang menghindari penggunaan handphone secara langsung dari tangan Anda.

Dengan begitu juga, resiko untuk kehilangan ponsel akan berkurang juga. Hindari untuk menyimpan handphone ditempat yang mudah dicuri oleh orang-orang disekitar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Untuk Mencegah Si Pencuri Mengambil Ponsel Anda"

Post a Comment