Tips Aman Menggunakan Penyimpanan Data Online

Wowtekno.com - Penyimpanan data online yang merupakan metode baru untuk menyelamatkan data-data yang berbentuk digital milik Anda.

Walaupun juga memerlukan biaya, namun umumnya penyimpanan data online ini memberikan penyimpanan gratis dengan kapasitas tertentu.

Dengan adanya fasilitas data online ini, maka Anda dapat mengakses data tersebut kapan pun dan dimana pun Anda butuhkan selama terhubung ke internet. Selain data penting dalam pekerjaan, data milik pribadi juga dapat disimpan di dalamnya.

Akan tetapi sebelum menggunakan ini, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal yang penting, seperti yang dikutip dari laman Life Hack, Berikut ini ulasannya.

1. Harus diketahui penyedia layanan penyimpanan data online

Untuk menggunakan pada suatu produk, maka Anda harus memastikan kualitas layanannya terlebih dahulu. Sebaiknya Anda juga memilih penyedia layanan yang terpercaya. Pastikan Anda sudah melihat ulasan yang positif dari para costumer mengenai layanan tersebut.

2. Data Anda juga harus dicocokkan dengan level keamanan penyimpanan data online pilihan Anda

Bila Anda memang memilih layanan penyimpanan data yang tidak bisa dipastikan keamanannya, hindari penyimpanan data yang penting, seperti laporan untuk keuangan atau data yang bersifat sangat pribadi.

3. Miliki data cadangan yang Anda simpan secara online

Memang data penyimpanan online tersebut dibuat agar aman dan mudah diambil kapan saja dan dimana saja ketika data yang asli justru akan hilang. Tetapi, tidak ada hal yang aman 100%.

Membuat data cadangan ini termasuk salah satu cara dalam menjaga data Anda agar tetap aman. Lakukan salinan untuk cadangan pada data yang bersifat sangat penting saja, buat sampai hingga tiga cadangan.

4. Enkripsi Data Penyimpanan Online Anda

Bila layanan akun yang penyimpanan data online Anda terganggu, maka akan besar kemungkinan data Anda bisa diretas.

Untuk mengecilkan risiko tersebut, lakukan enkripsi data sebelum menyimpannya dengan secara online. Pilihan lain adalah menggunakan software berikut, seperti BoxCryptor atau nCrypted Cloud yangbisa mengenkripsi data Anda secara otomatis.

5. Gunakan kata sandi

Kata sandi yang akan membuat data lebih Aman. Anda bisa juga menggunakan pembuat kata sandi LastPass untuk membuat kata sandi yang sulit diretas.

Ingatlah hal-hal yang dasar seperti tidak membeberkan sandi Anda pada siapa pun, atau mencatatnya di memo maupun gadget yang Anda gunakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Aman Menggunakan Penyimpanan Data Online"

Post a Comment