Dengan VR, Jepang Ciptakan Simulasi Untuk Menghadapi Bencana Tsunami


Wowtekno.com - Jepang merupakan negara yang rentan terkena bencana. Salah satunya yang terburuk adalah tsunami yang menyerang negeri Sakura tersebut di tahun 2011. Namun, kini masyarakat Jepang sekarang sudah mampu bersiaga jika bencana datang.

Sebagaimana yang dilansir dari Cnet (9/3), Aichi University of Technology, memanfaatkan virtual reality untuk bersiap menghadapi bencana alam yang mungkin akan terjadi. Para pengembang di universitas yang berlokasi di Gamagori ini, membuat simulasi VR bencana dengan menggunakan headset Oculus Rift.

Proses simulasi ini dilakukan dengan menggunakan sebuah mobil simulasi, dan pengguna diharuskan memakai headset yang mensimulasikan sebuah kota yang diluluh-lantakkan oleh tsunami. Untuk membuat replika seakan-akan nyata, pengembang dari program ini menganalisis video asli yang diambil dari kamera yang menancap di salah satu mobil ketika tsunami 2011 terjadi.

Pergerakan ombak dan prediksi tabrakan pun telah terpasang dalam program tersebut. Setting tempat dalam program ini memperlihatkan beberapa distrik maupun wilayah berdasarkan kota yang terserang Tsunami lima tahun silam. Seperti distrik Asakusa di Tokyo, distrik Minami di Nagoya dan distrik Kokura-Kita di Kita-Kyushu.

Di Jepang, tsunami menyerang lebih pada bagian utara Jepang. Oleh karena itu program VR ini diciptakan agar pemerintah dan masyarakat Jepang bagian selatan tetap bisa mendapatkan gambaran bagaimana bencana tersebut terjadi, serta bagaimana cara mengatasinya. Hal ini dirasa sangat penting disimulasikan ke masyarakat jepang, guna menghindari kepanikan jika bencana tersebut benar-benar terjadi.

Untuk lebih jelas mengenai simulasinya, Anda dapat menonton berikut ini!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dengan VR, Jepang Ciptakan Simulasi Untuk Menghadapi Bencana Tsunami"

Post a Comment