Selamat Jalan Pencipta Email, #RIP Ray Tomlinson


Wowtekno.com - Ray Tomlinson, mungkin nama yang tidak pernah Anda dengar. Namun tahu kah anda, dialah pencipta e-mail yang sekarang Anda gunakan serta dialah orang yang memilih simbol @ atau at untuk alamat emal.

Dikutip dari Guardian (7/3), pria kelahiran New York itu meninggal pada usia 74 tahun. Informasi mengenai penyebab kematiannya belum diketahui. Hal tersebut diungkapkan oleh juru bicara Raytheon Mike Doble. Baginya, Tomlinson merupakan sosok teknolog sejati dan rendah hati.

"Dia merupakan seorang pelopor teknologi sejati. Membawa e-mail pada era di mana jaringan komputer baru diperkenalkan," ucapnya.

Duka mendalam juga dirasakan oleh  para pegiat teknologi di seluruh dunia. Pada tahun 1971, Tomlinson berhasil menemukan program ARPANET. APRANET ini adalah program pendahulu internet yang memungkinkan orang saling mengirimkan pesan melalui komputer dengan server berbeda.

Ray Tomlinson merupakan lulusan dari Rensselaer Polytechnic Institute dan MIT tahun 1960 dan pernah bekerja di perusahaan teknologi Raytheon BBN Technologies. Di perusahaan itulah Tomlinson, menciptakan e-mail. Namun, kata Raytheon , saat Tom menciptakan e-mail, bukanlah karena tuntutan dari kantornya. Itu murni dari eksperimennya sendiri.

"Penciptaan e-mail bukanlah tugas kantor. Dia hanya mencoba-coba hal baru dan mengerjakan sesuatu dengan ARPANET," ujar Raytheon.

Ray Tomlinson ©2006 Jason Grow
Bagaimana dengan simbol @ ? Tomlinson memilih simbol itu lantaran ingin menghubungkan username bersamaan dengan alamat pengguna, dan hal ini merupakan sebuah bahasa komunikasi internasional.

"@ merupakan simbol yang mungkin akan dilupakan jika tidak digunakan untuk e-mail," ujarnya.

Ketika Tom berhasil menemukan cara baru berkomunikasi melalui e-mail, maka dunia pun mengapresiasi ciptaannya itu. Oleh sebab itu, Google selaku penyedia layanan email terbesar saat ini, ikut menyampaikan belasungkawa.

"Terima kasih Ray Tomlinson telah menciptakan email dan menyematkan tanda @ di sana. #RIP," tulis akun resmi Gmail melalui Twitter.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selamat Jalan Pencipta Email, #RIP Ray Tomlinson"

Post a Comment