Android N Versi Developer Preview Rilis, Ini Fitur Utamanya


Wowtekno.com - Hari ini Google merilis 'Developer Preview' Android "N" yang akan segera dirilis. Untuk saat ini, sistem operasi Android ini masih bernama "N," yang masih belum diketahui apa nama kudapan yang menjadi nama resminya.

Dilansir dari GSM Arena (9/3), Google merilis 'developer preview' ini untuk memperlihatkan ke para pengembang bagaimana sistem operasi Android terbaru ini. Anehnya, Google biasanya merilis versi developer ini di event tahunan I/O conference, yang akan diselenggarakan bulan Mei mendatang. Rencananya, sistem operasi ini akan dirilis secara resmi di akhir tahun 2016 mendatang.

Fitur terbaru yang ada pada Android N ini adalah penambahan mode 'multi-window.' Dengan adanya fitur ini, layar smartphone yang kini makin lebar bisa membelah layar menjadi dua dan mampu membuat aplikasi yang dibuka dapat dikontrol secara bersamaan, Mode yang juga dikenal sebagai 'split-screen multitasking' ini tidak hanya bekerja di tablet, namun juga di smartphone, bahkan TV.

Android N © gsmarena.com
Selain itu, Android N juga dapat membalas pesan yang masuk langsung dari notifikasi. Sistem ini menggunakan API yang serupa dengan Android Wear, sehingga aplikasi yang cocok dengan sistem operasi smartwatch tersebut dapat bekerja tanpa harus mengganti kode.

Nantinya notifikasi juga akan menggunakan gestur dua jari, jadi kita dapat memilih tipe notifikasi apa yang bisa kita buka, berdasarkan gestur jari yang kita gunakan.

Doze Mode juga akan lebih disempurnakan di Android N. Di mana untuk masuk ke mode ini untuk menghemat baterai, tidak perlu menunggu hingga smartphone dalam keadaan standby yang lama. Di Android N, mode ini akan berjalan seketika ketika layar dimatikan.

Google sendiri telah merilis versi Android Developer Preview ini melalui tautan yang dapat diunduh di website mereka. Namun versi ini hanya untuk developer karena masih banyak bug dan crash dalam versi ini. Google berjanji untuk memperlihatkan versi final dari Android N secepat mungkin sebelum dipasarkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Android N Versi Developer Preview Rilis, Ini Fitur Utamanya"

Post a Comment