Cara Membedakan Sistem Operasi Asli & Palsu



Wowtekno.com - Microsoft dan beberapa OEM hari ini mengadakan Device Days untuk memperkenalkan perangkat-perangkat yang telah di instal langsung Windows 10. Linda Dwiyanti perwakilan dari Microsoft ini juga membagikan sedikit tips membedakan sistem operasi asli dan palsu agar pengguna gadget pun tidak dirugikan.

Menurut Linda Dwiyanti, sistem operasi asli dan palsu tidak bisa dibedakan dari harganya saja. “Saya punya pengalaman dari teman sendiri, ketika dia membeli perangkat dan kemudian meminta gerai untuk menginstalkan OS dengan harga yang mahal, tetapi ternyata tetap OS palsu,” ujarnya.

Untuk menghindari hal tersebut, Linda menyarankan untuk pengguna yang membeli perangkat yang sudah membawa sistem operasi secara pre-instal. Ini berarti juga produk yang dibeli hanya tinggal dipakai karena isi aplikasi serta programnya sudah tersedia.

Cara untuk mengenali yang palsu dengan cara sistem operasi tersebut tidak bisa lagi diupgrade. Contohnya untuk Microsoft saja, perusahaan Redmond itu baru saja merilis Windows 10 sehingga OS Windows 7 dan 8 yang asli tentu bisa diupgrade ke Windows 10. “Jika tidak bisa, sudah dipastikan dia OS palsu,” tambah Linda.

Kedua, sistem operasi itu juga tidak memiliki push notifikasi ketika pembaruan baru akan muncul. “Windows 10 itu kan terus diperbarui. Sistemnya akan memberikan pemberitahuan bahwa ada pembaruan, kalau tidak ada notifikasi bisa jadi itu OS palsu,” katanya.

Linda juga mengatakan bahwa penting bagi pengguna gadget yang menggunakan software yang asli. Dari segi fitur, keamanan, dan perlindungan yang ditawarkan, pengguna software asli ini bisa memanfaatkannya secara penuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membedakan Sistem Operasi Asli & Palsu"

Post a Comment