Indonesia Dan Australia Meluncurkan Game Edukasi "Next Door Land" Khusus Pelajar



Wowtekno.com - Pemerintah Indonesia dan Australia telah meluncurkan "game" edukasi yang bertujuan untuk mengenal seluk beluk kedua negara yang khususnya untuk siswa sekolah dasar dan menengah pertama yang berjudul "Next Door Land".

Permainan edukasi tersebut diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan bersama Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop di SDN 02 Menteng, Jakarta.

"Pagi ini kami sama-sama meluncurkan permainan untuk anak-anak yang bertujuan untuk mengenalkan anak-anak Indonesia tentang Australia, begitu juga untuk sebaliknya," kata Mendikbud Anies Baswedan.

Permainan edukasi ini akan membawa pemain berpetualang secara virtual ke Australia atau Indonesia. Sepanjang perjalanannya, pemain akan melewati petualangan kecil dengan beragam tema yang ada, membaca komik animasi dan juga mendapatkan rangkaian informasi menarik.

"Aplikasi ini yang mengajarkan pemain berbagai hal seperti sejarah, musik, olahraga, arsitektur, dan  juga mitologi kedua negara." Para siswa dapat menjelajahi lalu lintas Jakarta, berlomba mencapai puncak Jembatan Sidney Harbour, belajar bermain game gamelan, berselancar di Perth, memasak masakan khas Indonesia, dan lainnya.

Permainan tersebut juga akan mengajarkan untuk memperkuat hubungan antar warga Indonesia dan Australia serta mempromosikan pemahaman budaya antara di kedua negara.

Permainan tersebut dirancang untuk khusus siswa sekolah dasar dan menengah pertama, Akan tetapi juga dapat dimainkan oleh remaja.

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop, mengatakan hubungan antara Indonesia dan Australia sudah berlangsung sejak 70 tahun yang lalu.

"Kami berharap dengan aplikasi tersebut, semakin mempererat hubungan antar kedua negara," ujar Bishop.

Permainan itu merupakan hasil kerja sama dari Kedutaan Besar Australia yang bekerja sama dengan pengembang "game" Agate, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Asia Education Foundation dan Australia - Indonesia Youth Association.

Permainan tersebut dapat diunduh di situs Rumah Belajar yaitu https://belajar.kemdikbud.go.id. Permainan itu juga akan tersedia di akun Android dan iTunes.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Indonesia Dan Australia Meluncurkan Game Edukasi "Next Door Land" Khusus Pelajar"

Post a Comment