Begini Cara Kerja GPS

Wowtekno.com - Global Positioning System atau yang disebut GPS yang juga mungkin termasuk salah satu fitur favorit pengguna smartphone.

Berkat GPS ini, kita bisa check in dalam lokasi di jejaring sosial seperti Path, contohnya. Dengan bantuan GPS ini juga, kita bisa juga tahu arah lokasi yang hendak kita tuju di aplikasi peta.

Akan tetapi, tahukah Anda apa sebetulnya GPS itu? Pernahkah Anda membayangkan bagaimana cara kerjanya?

Untuk supaya mengetahuinya, simak penjelasannya yang dihimpun dari Physics dan Space Place NASA.

Bagian GPS

Secara umumnya, GPS terdiri dari tiga bagian yaitu: satelit, stasiun bumi (ground station), dan penerima (receiver).

Satelit tersebut berperan layaknya seperti bintang-bintang di rasi bintang kita tahu di mana bintang-bintang tersebut berada pada waktu tertentu saja.

Sementara untuk stasiun bumi ini menggunakan radar untuk memastikan mereka benar-benar berada dimana seperti yang kita pikirkan.

Adapun sebuah penerima/receiver, seperti yang Anda temukan pada smartphone, terus 'mendengarkan' sinyal dari satelit tersebut. Penerima akan memperhitungkan seberapa jauh mereka dari beberapa satelit.

Setelah penerima/receiver ini menghitung jarak dari empat atau lebih satelit, mereka tahu persis dimana Anda berada.

Jarak dan lokasi Anda di bumi ini dapat ditentukan dengan presisi yang luar biasa! Mereka biasanya bisa menentukan dimana Anda berada dalam detail beberapa meter dari lokasi Anda yang sebenarnya.

Sementara penerima dengan teknologi yang lebih tinggi bisa mencari tahu di mana Anda akan berada dalam detail beberapa inci.


Bayangkan jika Anda sedang berdiri pada suatu tempat di Bumi dengan tiga satelit yang di langit di atas Anda. Jika Anda tahu seberapa jauh Anda dari satelit A, Anda akan tahu bahwa Anda pasti berada di suatu tempat yang di lingkaran merah. 

Bila Anda ingin melakukan hal yang sama untuk satelit B dan C, Anda juga dapat mengetahui lokasi Anda hanya dengan melihat di mana tiga lingkaran itu berpotongan. 

Makin banyak satelit di atas cakrawala tersebut, GPS Anda akan dapat menentukan di mana Anda berada secara lebih akurat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Cara Kerja GPS"

Post a Comment