WOOBS, Speker Kayu Elegan Buatan Mahasiswa UGM


Wowtekno.com - Di tengah membanjirnya produk-produk teknologi sekarang ini, estetika dan kepraktisan merupakan salah satu aspek penting yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih sebuah produk. Konsumen memiliki kecenderungan untuk memilih produk yang dapat memanjakan mereka tidak hanya dengan fitur-fitur yang canggih, namun juga dengan desain yang menarik. Oleh sebab itu lima mahasiswa ini mengembangkan speaker kayu elegan dan multifungsi yang diberi nama WOOBS (Woody Bluetooth Speaker).


Fajar Ulin Nuha (Ilmu Komputer dan Elektronika), Anindar Naufal Adila (Teknik Industri), Alwy Herfian Satriatama (Elins), Tri Yunianta (Elins) dan Siti Jayimah (Ilmu Ekonomi) adalah kelima mahasiswa UGM yang mengembangkan speker kayu tersebut. Mereka mengembangkan speker ini melalui Program Kreativitas Mahasiswa di bidang Kewirausahaan (PKM-K).

"Selain mudah dibawa ke mana-mana dan desain yang tidak menjemukan, WOOBS mempunyai banyak fitur yang dapat dimanfaatkan. User dapat menggunakan MP3 mode, Radio Mode, atau bahkan mengembalikannya sebagai speaker biasa (tanpa bluetooth) dengan menggunakan kabel USB yang telah tersedia dalam paket penjualan," ujar Naufal selaku designer WOOBS, Kamis (19/5).

Untuk bahan speaker kayu ini, mereka menggunakan kayu jenis pinewood yang memiliki karakteristik lembut, halus, dan berkualitas tinggi. Perbedaan produk speaker kayu ini dengan speker bluetooth lainnya adalah beratnya yang jauh lebih ringan sebab speker lain menggunakan komponen yang terbuat dari logam berat.

WOOBS, Bluetooth Speaker Kayu - mahasiswa UGM
Selain bertujuan untuk penjualan, pembuatan speker WOOBS ini juga untuk mendukung kearifan lokal dan penghijauan. Dengan menciptakan produk ini dapat menambah lapangan pekerjaan bagi para pengrajin kayu serta meningkatkan nilai tambah bagi produk-produk mereka.
Kelima mahasiswa ini juga memberikan pertanggungjawaban lingkungan dengan menyisihkan sebagian dari keuntungan penjualannya untuk mendukung kegiatan penghijauan.

"Kini, bersama Woody Bluetooth Speaker, memperkeras alunan musik tak perlu mengkhawatirkan listrik mati. Kita juga dapat mengekspresikan musik di mana saja tanpa terbebani. Harapannya, WOOBS dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak juga dalam berbagai aspek kehidupan, baik ekonomi, sosial, dan lingkungan," ujar Siti.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WOOBS, Speker Kayu Elegan Buatan Mahasiswa UGM"

Post a Comment