Ternyata Begini Cara Menjaga Baterai Smarphone Agar Tetap Awet


Wowtekno.com - Seperti yang dilansir oleh PC Advisor, Rabu (11/5), kebanyakan baterai Smartphone memang diciptakan untuk tidak hidup kekal. Seperti yang diberitakan, berbagai produsen smartphone mengatakan perangkat baterai mereka hanya akan bertahan hingga 300-500 siklus pengisian. Jadi, agar baterai smarphone Anda tetap awet dan tahan lama, lakukanlah 5 tips berikut ini.

Pertahankan Baterai diatas 40% dan dibawah 80%

Salah satu hal yang penting dalam mengisi baterai Li-Ion adalah tetap menjaganya agar tidak di bawah 50%. Sebab, jika Anda sering membiarkan ponsel berada dalam posisi seperti itu, baterai akan cepat rusak.

Sebaliknya, Anda juga tidak dibenarkan mengisi daya hingga 100 persen full. Sebab, baterai cukup diisi hingga 80 persen. Jadi rentang terbaik dalam men-charging ponsel adalah 40-80 persen.

Jangan Menaruh Ponsel di Tempat Bersuhu Panas

Sebaiknya jangan pernah menaruh smartphone di tempat bersuhu panas, seperti mobil, pantai, atau dapur. Sebab smartphone terbiasa diletakkan tempat panas, baterainya akan berumur pendek.

Hindari Pengisian Baterai Semalaman

Walaupun kebanyakan smartphone sekarang sudah pintar untuk menghentikan pengisian ketika baterainya penuh, namun lebih baik ponsel tidak ditinggal semalaman. Karena baterai Li-Ion yang panas dapat memicu berbagai kerusakan.

Jangan Gunakan Charger Abal-Abal!

Charger yang tidak original atau yang sering disebut dengan charger Abal-abal, sangat berbahaya baik bagi perangkat maupun pengguna. Amta.org.au telah membuktikan bahwa charger non-original dapat menyebabkan korsleting bahkan kebakaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Begini Cara Menjaga Baterai Smarphone Agar Tetap Awet"

Post a Comment