Ketahui Sumber Bounce Rate, Dan Buat Pengunjung Betah Di Blogmu

Ketahui Sumber Bounce Rate, Dan Buat Pengunjung Betah Di Blogmu 


tingginya bounce rate blog

  Bounce rate sendiri adalah jumlah atau persentase pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman saja dalam blog kita maupun pengunjung yang mengunjungi blog anda dalam waktu yang kurang dari ketentuan. Biasanya bounce rate dinyatakan dalam bentuk persen atau persentase.

 Ini merupakan hal yang sangat umum dialami sebuah blog bahkan blog yang sudah besar sekalipun. Banyak faktor yang memicu tingginya persentase bounce rate pada suatu blog. Misalnya konten yang kurang berkualitas maupun lambatnya loading blog.

 Lalu dari mana sumber terbesar yang dapat menyebabkan persentase bounce rate suatu blog menjadi tinggi?, dan bagaimana cara mengatasinya?.

Mencoba untuk menjawab bebarapa pertanyaan dari anda saya telah mengulasnya dibawah ini.


 1. Berasal Dari Search Engine. 

terbaik di search engine

  Search engine merupakan sumber pengunjung yang paling dicari dan diandalkan oleh banyak blogger karena itulah mengapa banyak blogger yang mempelajari tehnik-tehnik SEO agar bisa mendapatkan banyak pengunjung yang berasal dari Search Engine.

  Namun tanpa kita sadari bahwa selain mengundang banyak pengunjung untuk datang mengunjungi blog kita ternyata search engine ini memiliki dampak buruk kepada blog kita.

 Lalu apakah sebenarnya dampak buruk yang dapat disebabkan oleh search engine kepada blog kita?, dan bagaimana cara mengatasinya?.

 Dikarenakan artikel kali ini adalah tentang bounce rate maka kita akan membahas pengaruh search engine terhadap blounce rate pada blog.

 Dan salah satu dampak yang paling umum disebabkan oleh search engine adalah tingginya bounce rate pada suatu blog. Hal ini akan sangat tampak terlihat pada blog yang menjadikan search engine sebagai sumber utama yang mampu mendatangkan pengunjung blog.

 Tingginya angka bounce rate yang berasal dari pengujung yang didatangkan oleh search engine ini banyak banyak disebabkan oleh perilaku para pengunjung yang didatangkan oleh search engine ini yang mencari informasi yang paling akurat namun mereka kurang mengetahui blog mana yang menyediakan informasi yang paling akurat.

 Atau bisa juga pengunjung blog anda masih belum puas dengan informasi yang anda bagikan dalam artikel anda sehingga pengunjung akan pergi mencari informasi yang lain yang lebih informatif, akurat dan lebih lengkap daripada apa yang anda bagikan dalam artikel anda.

 Oleh karena itu setelah mereka membaca informasi pada artikel kita mereka akan menekan tombol back pada browser mereka dan membaca artikel di blog yang lain guna mencocokkan informasi agar mereka bisa mendapat informasi yang seakurat mungkin.

 Tentunya hal-hal semacam ini sangat merugikan bagi blog yang dikunjungi oleh pengunjung tersebut yakni menyebabkan tingginya bounce rate.

 Oleh karena itu penting bagi saya dan anda untuk menciptakann sebuah konten atau artikel  yang baik, berkualitas, informatif, lengkap, dan dapat memuaskan pengunjung yang membacanya.

 Bounce rate ini tentu tak hanya disebabkan oleh faktor dari search engine namun juga banyak disebabkan faktor-faktor yang lainnya seperti artikel yang disediakan oleh pemilik blog tidak menarik atau kurang berkualitas sehingga pengunjung akan berpindah ke blog lain yang menyediakan konten atau informasi yang lebih akurat dan dapat dipercaya.



Cara Mengatasi :

 Untuk mengatasi tingginya persentase bounce rate pada blog kita yang disebabkan oleh pengunjung blog dari search engine yang suka berpindah-pindah blog saat sedang mencari informasi akan saya bagi dalam dua bagian, yakni dari segi internal/konten, eksternal/Widgets :

A. Dari Segi Internal/Konten.

 Untuk mencegah tingginya bounce rate yang ditimbulkan pengunjung dari search engine maka anda perlu membuat konten yang berkualitas.

 Sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh para pengunjung sehingga para pengunjung akan betah berlama-lama di blog anda serta akan menganggap bahwa blog anda cukup profesional sehingga mereka akan membaca info lain di blog kita.

B. Pada Segi Eksternal/Peran Widgets.

 Dari segi ini peran widget akan sangat membantu dan sebagai pelengkap dari tips yang pertama yakni pada saat pengunjung membaca konten yang berkualitas dan ingin membaca artikel lainnya maka disinilah peran dari berbagai jenis widget sangat diperlukan.

 Pasalnya keberadaan widget seperti widget popular post, recent post, dan random post pada blog bisa membantu para pengunjung untuk menemukan artikel menarik lainya yang terdapat dalam blog anda sehingga juga akan membantu mengurangi tingginya persentase bounce rate pada blog kita.





2. Berasal dari Blogger Lain Yang Sedang Blogwalking.



blogwalking

 Ini merupakan faktor yang paling berpeluanh besar untuk menghasilkan banyak bounce rate bagi blog kita. Ya biasanya blogger tertentu yang sedang mencari backlink akan banyak menghasilkan bounce rate.

 Bagaimana tidak blogger yang sedang blogwalking biasanya hanya mencari backlink dan pada saat itulah blogger hanya mengincar kolom komentar pada blog kita tanpa menghiraukan artikel yang sudah susah payah kita tulis.

 Namun itulah yang terjadi, Dan pada saat para blogger berkunjung ke blog kita untuk sekedar blogwalking dan mencari backlink tanpa mempunyai niat mencari informasi maka bisa dipastikan hal ini akan membuat persentase bounce rate blog anda akan semakin tinggi terlebih lagi jika mereka tahu jika blog anda bukan blog dofollow maka hal ini akan membuat mereka langsung meninggalkan blog anda dan tentunya berakibat pada persentase bounce rate blog anda yang akan semakin buruk.


Cara Mengatasinya: 

 Untuk mengatasi bounce rate yang ditimbulkan oleh blogger lain yang sedang melakukan baclink maka anda bisa mencoba membuat blog anda menjadi situs yang dofollow. Cara ini saya rasa cukup efektif namun kurang baik untuk SEO blog anda.

 Hal ini karenakan jika terlalu banyak backlink atau outbound link pada blog anda terutama yang menuju situs yang tidak berkualitas apalagi sampai merujuk pada blog yang mengandung hal yang di benci oleh Google (misalnya: konten porno, judi, penipuan, dll.)

 Hal ini tentu menjadi sebuah masalah yang cukup berat bagi kita yang sebenarnya ingin menghindari bounce rate namun justru dibenci oleh Google search engine karena keberadaan outbound link atau backlink menuju situs dengan konten terlarang.

 Alternatif dan cara paling aman adalah dengan berkomentar yang berkualitas di blog lain sehingga pemilik blog yang anda komentari tadi akan berkunjung balik ke blog kita.

 Nah pada saat pemilik blog yang telah anda komentari artikelnya dengan komentar yang berkualitas akan berada di blog anda dalam waktu yang cukup lama (sebagai balas budi blognya sudah dihargai oleh kita).

 Maka dari itu saling menghargai itu menyenangkan. Maka dari itu cara ini cukup efektif mencegah tingginya bounce rate yang ditimbulkan oleh blogger lain yang sedang blogwalking meskipun cara ini cukup sulit dilakukan dan butuh banyak faktor keberuntungan.




3. Loading Blog Yang Sangat Lambat.

blog yang lambat

 Ini merupakan hal paling menjengkelkan bagi para pengunjung yakni lambatnya loading blog. Yang perlu anda tahu internet di Indonesia adalah salah satu dari jaringan internet terlambat di dunia, dan kemudian anda justru membuat blog anda sangat berat dan lambat untuk diakses.

 Ya sudah barang tentu ini merupakan hal yang bisa membuat para pengunjung anda tidak akan betah berlama-lama di blog anda. Dan memilih untuk pindah ke blog lain yang lebih cepat dan ringan diakses.

 Maka dari itu sebaiknya mulai sekarang anda harus mencoba membuat blog anda menjadi lebih ringan diakses sehingga pengunjung anda tidak berpindah ke blog lain.


Cara Mengatasi:

 Untuk mengatasi loading blog anda bisa mencoba untuk melakukan hal-hal berikut agar blog anda lebih ringan diakses dan pengunjung anda tidak pergi ke blog anda:

1. Gunakan Template yang Ringan.


 Di internet sangat banyak tersedia template blog baik yang gratis maupun yang berbayar. Namun tak semuanya cukup ringan saat diakses pengunjung maka dari itu anda perlu memilih template blog yang cocok untuk blog anda.

2. Hapus Widget yang tidak terlalu diperlukan.


 Sebelumnya saya menyebutkan bahwa widget tertentu bisa membantu anda untuk membuat para pengunjung blog agar mau berlama-lama di blog anda sehingga mampu menekan tingginya bounce rate pada blog anda.

 Namun tak semua widget berfungsi seperti itu ada beberapa Widget yang berfungsi sebagai penghias tampilan blog namun sebenarnya tidak terlalu penting dan tidak terlalu dibutuhkan.

 Akan tetapi dengan keberadaan widget-widget tersebut justru memperbesar ukuran halaman sehingga semakin memperbesar ukuran halaman sehingga semakin berat saat diakses ini tentu akan menjadi sebuah bumerang yang seharusnya menjadi senjata untuk meminimalisir bounce rate karena para pengunjung berlama-lama di blog anda.

 Namun malah justru menyerang kita dengan memperlambat loading blog sehingga banyak pengunjung yang pergi sebelum membaca artikel karena halaman yang dicari di blog kita tak kunjung terbuka sehingga membuat persentase bounce rate di blog kita semakin tinggi.

 Oleh karena itu gunakan widget yang benar-benar penting. Penting disini adalah memiliki manfaat yang lebih besar dari pada dampak yang bisa ditimbulkan. Bukannya malah sebaliknya yang lebih besar dampak buruk yang ditimbulkan daripada manfaat yang diberikan.


Dan itulah tadi ulasan dari saya semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketahui Sumber Bounce Rate, Dan Buat Pengunjung Betah Di Blogmu "

Post a Comment