10 Cara Lengkap Sukses Membangun Backlink Berkualitas Bagi Blog.

10 Cara Lengkap Sukses Membangun Backlink Berkualitas Bagi Blog. 

Backlink adalah link yang berasal dari blog lain dan mengarah ke blog anda, dan dalam bentuk link aktif sehingga membuat mesin pencari juga akan merayapi blog anda saat melakukan perayapan pada sebuah blog tempat backlink blog anda berasal, sehingga terkesan blog kita direkomendasikan kepada para pembaca blog tempat baclink blog anda berasal.

Backlink juga menjadi salah satu dari lebih 200 faktor yang digunakan dalam algorithma search engine Google dalam menentukan posisi suatu blog di hasil penelusuran kata kunci oleh pengguna internet, apakah di halaman pertama atau kedua, ketiga, dan seterusnya dalam hasil penelusuran Google search engine.

Maka dari itu penting bagi kita mendapatkan backlink. Namun yang kita butuhkan adalah backlink yang berkualitas, bukannya backlink dengan kuantitas.

Backlink yang berkualitas yang saya maksud disini adalah backlink dari blog lain yang sudah besar, memiliki nama yang baik dan kepercayaan di hadapan search engine sehingga mesin pencari yakin bahwa blog besar tersebut merekomendasikan blog anda, sehingga posisi anda di search engine akan semakin baik.

Namun yang perlu diperhatikan adalah backlink haruslah berkualitas, adapun indikator backlink yang berkualitas adalah berasal dari blog yang sudah besar, satu niche dengan blog kita sehingga terkesan relevan, backlink alami dan tak terlihat seperti dimanipulasi.

Dan yang perlu diingat yang kita butuhkan adalah banyak backlink berkualitas bukan banyak total backlink yang kita dapat. 1 backlink berkualitas lebih dihargai oleh search engine daripada 10 backlink yang tak berkualitas. Jadi kita harus mencari backlink yang berkualitas.

Lalu bagaimanakah cara mencari backling yang berkualitas?, apakah susah?, ataukah mudah?.


Mencari merupakan hal yang susah-sudah gampang karena untuk mencari backlink yang berkualitas kita membutuhkan weblog atau website besar yang mau merekomendasikan blog kita atau memberikan backlink.

Namun mencari backlink berkualitas bisa dilakukan dengan banyak cara yang akan saya jelaskankan berikut ini:



1. Melalui Kegiatan Blogwalking.



blogwalking logo


Kegiatan blogwalking memang sangat bagi perkembangan blog karena kegiatan blogwalking membuat anda jauh lebih dikenal oleh blogger lain.

Selain itu kegiatan juga bisa menjadi sumber backlink bagi blog kita dan juga akan mendapat kunjungan langsung dari pemilik blog bila kita meninggalkan url blog kita saat kita berkomentar di blog lain.

Namun blogwalking tak hanya kegiatan berkunjung ke blog lain lalu berkomentar dan meninggalkan url blog kita di form url website, agar kita bisa mendapatkan backlink.

Lebih dari itu blogwalking memiliki peraturan tak tertulis yang seharusnya ditaati oleh setiap blogger yang blogwalking.

Peraturan-peraturan tak tertulis tersebut harus ditaati karena kegiatan blogwalking selain untuk mendapatkan backlink tetapi juga untuk menjalin silaturahmi antar blogger sehingga memungkinkan terjalin kerja sama yang akan saling menguntungkan =(semoga).

Oleh karena itu berkomentarlah yang baik agar tidak dianggap spam oleh pemilik blog dan hargai jerih payahnya dalam menulis artikel.

Dan satu lagi yang perlu diingat sebaiknya anda tidak menggunakan kata-kata seperti "nice info, thanks", "pertamax gan", "baru tahu gan", atau berbagai komentar singkat.

Sebab hal tersebut tak akan memberikan kesan yang baik di hati pemilik blog sehingga menurunkan peluang blogmu mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog tersebut.

Baca Juga: Cara Berkomentar Yang Keliru, Namun Sering Dilakukan.

2. Submit URL Ke Situs Bookmark.


social bookmark image


Menurut Maxmanroe : Ide awal pembuatan situs social bookmarking adalah digunakan agar dapat memudahkan para user dalam menyimpan URL ataupun link favorite dari situs yang mereka sukai agar lebih mudah dalam melakukan pencarian ketika dia ingin membuka halaman web tersebut kembali.

Namun pada perkembangannya, keberadaan situs social bookmarking ini justru banyak sekali digunakan oleh pelaku SEO atau pemilik website untuk membantu mereka dalam upaya mempopulerkan sebuah halaman website di hadapan mesin pencari.

Hal ini saya buktikan dengan mencoba mengunjungi beberapa blog karena menurut informasi Google juga melakukan perayapan url-url yang terdapat di situs social bookmarking. Karena menganggap url yang disimpan pengguna adalah url dari situs favorite pengguna.

Sehingga akan memberikan nilai lebih pada url-url yang terdapat di situs social bookmarking tersebut.

Maka dari itu anda dapat mencoba untuk mengirim url blog anda ke berbagai situs social bookmarking sehingga anda akan mendapatkan backlink yang berkualitas karena akan membuat mesin pencari menganggap blog anda merupakan blog favorite bagi beberapa pengguna.

Dan tentunya upaya submit url ke berbagai situs social bookmarking ini akan mendukung berbagai upaya SEO blog anda yang bertujuan untuk mendapatkan posisi yang bagus di hasil pencarian mesin pencari sesuai keywords yang dicari oleh pengguna.

Baca juga: Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Posting Artikel

3. Submit Artikel Ke Blog Lain (Guest Blogging).



write a guest post


Kegiatan mengirim artikel ke blog lain yang lebih besar atau biasa disebut guest blogging. Merupakan sebuah simbiolis mutualisme atau kegiatan yang saling menguntungkan kedua pihak yang bersangkutkan.

Pasalnya pemilik blog yang kita kirimi artikel akan terbantu karena meringankan perkerjaan mereka dalam menulis artikel guna memperbarui blog mereka dengan artikel baru.

Sedangkan bagi anda yang mengirimkan artikel akan mendapatkan baclink berkualitas dan juga traffic yang sangat besar.

Maka dari itu Anda bisa mencoba melakukan hal ini karena hal ini juga merupakan cara yang sangat ampuh untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.

Selain merupakan sumber backlink yang baik, mengirim artikel ke blog lain dapat menjadi sebuah sumber traffik blog yang sangat baik.

Dianggap sebagai sumber traffik karena selain memberikan backlink yang berkualitas, kegiatan guest blogging akan mendatangkan traffik yang sangat besar bahkan mencapai ribuan bila artikel karya anda tersebut mampu menjadi trending post di situs tersebut.

Namun traffic dari tehnik ini akan berlangsung sementara yakni hanya kurang lebih satu minggu saja, setelah itu traffic yang dihasilkan hanya puluhan atau belasan saja.

Namun yang terpenting adalah backlink yang dihasilkan akan berfungsi selamanya.

Adapun beberapa situs web yang menyediakan submit artikel dan menjanjikan traffic besar dan backlink berkualitas bagi blog adalah citizen.liputan6.com, viva.co.id, kompasiana.com, jalantikus.com ,

Baca Juga : Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Posting Artikel


4. Sharing Link Di Media Sosial.




submit link to social media


Disini saya akan mengelompokkannya kedalam 2 jenis hasil link yang kita share di media sosial berdasarkan pengaruhnya terhadap SEO dan kredibelitas dari blog kita, yakni:

1. link yang dibagikan ke media sosial bukan milik Google seperti Facebook, twitter, instagram, dll.
2. Link yang dibagikan ke media sosial milik Google, yakni di Google+.


Tapi bukannya sama saja?, bukankah semuanya adalah sama yakni sama-sama media sosial?

Jelas berbeda bila dianalisa dari pengaruhnya terhadap SEO blog anda. Untuk lebih jelasnya perhatikan hal-hal yang saya sebutkan berikut ini.


A. Pengaruh Link Yang Dibagikan Ke Media Sosial Non Milik Google.

Link yang anda share di media sosial yang bukan milik Google tak akan dirayapi oleh mesin pencari Google, sehingga tak akan dihitung sebagai backlink yang berkualitas bagi blog anda.

Alasan kenapa link yang anda sebar di media sosial tidak bisa menjadi backlink bagi blog anda adalah karena sebagian besar media sosial yang ada saat ini adalah situs dengan rel='noffolow'.

Meski tidak menjadi sebuah sumber backlink bagi blog anda, anda tak boleh berhenti membagikan link blog anda di media sosial Non milik Google, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Pasalnya ketiga media sosial tersebut memiliki basis pengguna yang sangat besar yang akan menjadi sebuah peluang besar sumber traffic bagi blog anda.


B. Pengaruh Link Yang Dibagikan Ke Media Sosial Google+.

Link blog yang anda bagikan di media sosial Google+ akan dirayapi oleh mesin pencari Google. Mengapa begitu?, dan mengapa pilih kasih?, ya tentu Google+ adalah produk Google.

Backlink yang dihasilkan oleh link di Google+ akan berdampak pada SEO blog, seperti yang kita tahu pemberian tanda +1 pada artikel ataupun pada link yng kita bagikan di Google dianggap sebagai bentuk merekomendasikan artikel tersebut di hasil pencarian mesin pencari.

Meski bagitu cara ini dianggap cara yang buruk untuk mendapatkan banyak pengunjung ke blog kita. Pasalnya pengguna Media Sosia Google+ masih belum sebanyak Pengguna Facebook, Twitter, Dan Instagram di Indonesia.

Tapi tak ada salahnya mencoba karena yang terpenting adalah hal itu bisa membantu upaya SEO blog anda.

Baca Juga : 4 Sifat Buruk Yang Unik Sebagian Blogger Indonesia.


5. Aktif Membagikan Link Di Forum Signature.



share link in the forum


Kini telah banyak sekali bermunculan berbagai forum-forum yang akan bisa kita temukan tersebar luas di internet, mulai dari forum khusus bagi para gamers, para publisher, hingga ada pula forum bagi para pengusaha.

Salah satu contoh forum yang paling terkenal di Indonesia dan mengklaim sebagai forum diskusi terbesar di Indonesia yakni kaskus.co.id, dalam forum diskusi online anda akan menemui berbagai topik yang akan dibahas oleh para anggotanya di forum ini.

Selain kaskus.co.id, adapula forum diskusi yang sudah sangat terkenal dikalangan para publisher yakni ads-id. Ads-id.com merupakan forum bagi para publisher yang ada di Indonesia.

Di forum Ads-id.com ini para anggota yang verified maupun para donatur akan diberikan fasilitas untuk memasang sebuah signature. Yang mana signature tersebut akan tampil di setiap post yang anda kirimkan dalam forum tersebut.

Dan dengan cara memasang link aktif yang menuju ke web/blog anda di bagian signature tentunya hal ini akan memberikan banyak keuntungan buat andaa, salah satu keunggulannya adalah kita akan mendapatkan banyak backlink berkualitas dan serta banyak visitor datang dari forum tersebut.

Adapun beberapa recommended forum yang akan mengijinkan para anggotanya untuk memasang signature link dan dofollow adalah sebagai berikut:
→ Bersosial.com : Forum untuk diskusi online Indonesia.
→ EOcommunity.com : Forum untuk berbagau event orginizer serta general topik.
→ Forum.kompas.com : Forum yang dimiliki oleh kompas.com.
→ Forum.detik.com : Forum yang dimiliki oleh Detik.com.
→ Dan beberapa forum diskusi lainnya.

Baca Juga : Jangan Daftarkan Blog Baru Ke Google AdSense, Ini Alasannya!!.


6. Submit Artikel Ke Berbagai Situs Direktori.


Sebuah Artikel direktori biasanya banyak dipakai alam berbagai kegiatan marketing maupun dalam upaya membangun backlink yang berkualitas.

Dengan beberapa buah artikel yang kita kirim ke berbagai situs directori maka kita akan dapat membangun banyak backlink berkualitas yang berasal dari berbagai situs artikel direktori.

Untuk caranya adalah kita cukup dengan membuat sebuah atau beberapa artikel berkualitas yang kemudian harus kita submit ke berbagai situs direktori artikel.

Anda tak peelu bingung bagaimana cara menemukan situs direktori artikel, karena sudah banyak situs direktori artikel yang ada di Internet dan yang telah sangat terkenal saat ini.

Adapun situs direktori artikel yang recommended bagi anda yakni sebagai berikut:
→ Untuk blog dan artikel berbahasa Inggris, maka anda bisa memilih Ezinearticles.com, Articlebase.com, dan beberapa situa direktori artikel lainnya.
→ Sedangkan untuk blog dan artikel berbahasa Indonesia, maka anda bisa memilih: cuitcuit.com, artikeloke.com, dan berbagai situs direktori artikel lainnya.

Baca Juga: Jangan 100% Percaya Dengan Hasil Chkme!!, Inilah Alasannya.


7. Membangun Backlink Melalui Situs Press Release.
press release images


Sudah saya katakan bahwa membangun backlink bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah membangun backlink melalui situs press relase.

Mungkin cara ini masih terdengar cukup asing bagi anda. Sebab bila kita perhatikan dengan maka akan sangat terlihat jika di Indonesia tehnik membangun backlink dengan cara ini belum begitu populer.

Tehnik press release sendiri banyak digunakan dalam upaya untuk mempromosikan website dan juga bisa digunakan untuk kegiatan membangun backlinks, namun biasanya hanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam mempromosikan website perusahaan.

Yang perlu anda tahu bahwa backlinks yang berasal dari situs-situs press release merupakan backlink yang sangat berkualitas, selain itu juga situs-situs press release sangatlah berpotensi untuk memberikan banyak traffik bagi web/blog kita.

Berbeda dengan kondisi press release di luar negeri, berbagai situs-situs press release di Indonesia ini sangat sering dipakai dalam upaya mempromosikan website dan juga untuk membangun backlinks sebuah website, baik itu website bagi perusahaan-perusahaan kecil, menengah, bahkan bagi perusahaan-perusahaan besar sekalipun.

Baca Juga : Tips agar sabar dalam merintis blog baru



9. Membagikan Template Gratis.



gambar template pictures images

Dari sekian banyak cara yang telah saya bagikan dan saya ulas diatas, cara ini merupakan cara yang paling sulit dilakukan namun merupakan cara yang sangat efektif dan juga merupakan cara mendapat backlink berkualitas dengan memiliki banyak keunggulan lainnya.

Membagikan template hasil desain sendiri akan menghasilkan banyak backlink berkualitas yang berasal dari link credit yang terdapat di template yang kita bagikan secara gratis.

Namun cara ini juga manjadi sebuah peluang bisnis baru yakni berjualan template seperti yang dilakukan oleh mas sugeng yang membagikan free template seperti ramai template, brosense template, dan blogku template.

Disamping itu mas sugeng juga menjual template premium seperti Evomagz template dan Fastest Template.

Namun terkadang cara ini tidak berhasil karena ada saja blogger yang tidak bisa menghargai karya kita dengan menghapus credit link pada footer tanpa mau membeli template premium dari kita. Tapi tak ada salahnya mencoba.

Baca Juga: Bagi Kamu Yang Sering Ganti Template Blog. Baca Ini!!


10. Meminta Kepada Blogger Lain.

Cara terakhir yang bisa anda coba anda meminta blogger lain untuk memberikan backlink kepada blog anda. Terdengar cukup sulit memang. Pasti akan berhasil bila dicoba dengan sungguh-sungguh.

Tapi apa ada blogger yang mau memberikan backlink secara percuma?, lalu bagaimana caranya agar blogger tersebut mau memberikan backlink kepada blog kita?.

Bila anda bertanya apakah ada blogger yang mau memberikan backlink kepada blog anda secara percuma?,
Maka jawabannya pasti ada.

Siapa?
Blogger yang dermawan.

Cara menemukannya?,
Butuh keberuntungan.

Lalu bagaimana cara agar kita tak kesulitan dalam meminta kepada blogger lain?.


Caranya anda harus memberikan imbalan. Imbalan tersebut bisa berupa saling memberi backlink namun cara ini dipandang mulai tidak aman karena mulai disoroti oleh Google sebagai sebuah tindakan spam.

Anda bisa mencoba memberikan imbalan berupa template kreasi anda (seperti nomor 9) atau memberikan artikel anda (seperti nomor 3).

Baca Juga: 4 hal yang bisa membuat blogger tak bergairah blogging lagi.

Dan itulah tadi 10 cara ampuh dapatkan backlink yang berkualitas. Semoga bermanfaat.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Cara Lengkap Sukses Membangun Backlink Berkualitas Bagi Blog. "

Post a Comment