Teknik Melakukan Seo On Page Paling Ampuh

Teknik Melakukan Seo On Page Paling Ampuh

Oke, sobat tahu apa artinya Seo ? Jika dilihat hanya sekilas mungkin akan terlihat awam bagi newbie, namun bagi para Master ini adalah hal yang sudah biasa namun sangat berarti pada Blog.
Pada artikel ini saya akan menjelaskan mengenai Definisi dan Pengertian Seo, Jenis-jenis Seo, Cara Melakukan Teknik Seo Yang Baik, Tips Seo, Cara Menulis Artikel Yang Seo Bagi Blog sobat, tentu akan saya jelaskan serinci dan sejelas-jelas nya.

Seo Logo


Pengertian Seo
Seo adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Secara jelas, dapat diartikan bahwa Seo itu Suatu usaha untuk mengoptimisasi Search Engine pada blog sehingga blog menjadi lebih Friendly dan dapat menempati peringkat pertama di Search Engine.
Untuk singkatnya, sobat tentu menginginkan blog sobat berada di Page One Search Engine kan ? Nah, untuk mewujudkan nya, maka diperlukan yang namanya Seo sehingga blog sobat dapat dilihat visitor pada saat membuka Search Engine.

Penjelasan Seo
Kalo menurut saya sendiri sih, Seo itu susah susah gampang ya. Karena semua nya itu tergantung dan kembali pada diri kita masing-masing. Percuma saja walaupun sobat menggunakan puluhan bahkan ratusan Tools Seo jika sobat masih malas dalam belajar Blogging dan hanya ingin yang instant saja. Tools memang menyediakan berbagai fitur yang menggiurkan, kita juga dianjurkan untuk menggunakan nya dan saya sendiri juga menggunakan beberapa Tools Seo. Namun, Tools akan bekerja dengan baik jika User / sobat nya juga bekerja dengan baik. Semakin baik User nya semakin baik juga Tool Seo nya.
Nah, bagaimana ? saya juga akan menjelaskan Berbagai Macam Tools Seo Untuk Blogging tapi tidak sekarang, sekarang kita terfokus pada usaha manual & basic nya terlebih dahulu.

Jenis-Jenis Seo
Sebelum langsung terjun ke lapangan, hehe. Sobat perlu tahu ada berapa Jenis Seo sehingga sobat tidak salah dalam bertindak. Kenapa saya bilang begitu ? Oke, Seo itu memang tidak terlalu sulit dan hanya memerlukan waktu dan proses, namun, jika sobat sudah menghabiskan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu, bahkan sampai berbulan-bulan tapi Seo yang sobat terapkan keliru ? Nah, jangan sampai terjadi ya.
Sampai sekarang, hanya ada 2 Jenis Seo, silahkan disimak dengan baik :

1. Seo Onpage
Seo Onpage adalah Seo yang dilakukan dengan adanya kaitan langsung antara blog sobat dan Search Engine. Bisa juga disebut Optimisasi yang dilakukan di dalam blog sobat secara langsung tanpa perantara.
Seo Onpage ini adalah Teknik Seo yang harus diutamakan sebelum Seo Offpage karena dilakukan secara langsung dan dari dalam sehingga Search Engine dapat dioptimalkan. Namun, dalam pengerjaan nya sendiri membutuhkan waktu sampai berminggu-minggu karena dibutuhkan berbagai setting dan penerapan mulai dari blog sampai ke berbagai Search Engine.
Kadang dengan melakukan Seo Onpage ini bisa menjadikan blog sobat bertengger maksimal di Page Two Search Engine. Oke, lanjut ke Seo Offpage.

2. Seo Offpage
Seo Offpage adalah Seo yang dilakukan dengan melibatkan pihak ketiga, dan bantuan dari luar, dan dilakukan di luar blog sobat juga sehingga tidak ada kaitan langsung dengan Search Engine.
Kebalikan dari Seo Onpage, Seo Offpage baiknya dilakukan setelah sobat melakukan Seo Onpage karena Seo Offpage hanya bersifat sebagai tambahan dan tidak mengaitkan blog sobat dengan Search Engine. Seo Offpage bisa berupa Backlink, Promote di Sosial Media, dan yang lain nya.
Namun, jika sobat sudah melakukan berbagai Teknik Seo Onpage tetapi blog sobat masih belum popular di Search Engine, mungkin Seo Offpage lah yang harus sobat optimalkan.
Untuk Seo Offpage tidak bisa langsung saya jelaskan pada artikel ini karena kita akan terfokus terlebih dahulu pada Seo Onpage. Tunggu saja mengenai Panduan Seo Offpage di artikel selanjutnya.

Cara Melakukan Teknik Dan Tips Seo Onpage
Baiklah, untuk Teknik & Tips Seo yang pertama adalah Seo Onpage. Ada beberapa cara yang langsung bisa sobat terapkan pada blog sobat dengan melakukan beberapa cara berikut :

1. Membuat Artikel Yang Seo
Cara yang pertama adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan namun yang paling sulit diprediksi keberhasilan nya. Yaitu dengan cara Membuat Artikel Yang Berkualitas & Seo Friendly sehingga visitor dan Search Engine merasa nyaman ketika membaca postingan blog sobat
Untuk membuat Artikel Yang Seo Friendly, sobat perlu memenuhi syarat yang lumayan banyak. Diantaranya, menulis artikel dengan jumlah kata sekitar 1000, minimal 800 kata karena visitor juga suka dengan artikel yang mempunyai kalimat-kalimat berbobot, namun jangan sampe sobat malah membuat artikel yang terlalu panjang dan tidak jelas. Jika sobat ingin mengetahui tips nya, silahkan baca di Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas Dan Seo.
Tips lain, tempatkan Keyword di area yang strategis dalam artikel, yakni di paragraph pertama / pembuka setidak nya ada 1 buah Keyword, didalam point / isi artikel juga harus mengandung Keyword tetapi jangan sampai membuat artikel sobat hancur, gunakan saja kata-kata yang natural. Dan di akhir / penutup / kesimpulan juga mengandung Keyword.

2. Gunakan Template Yang Super Seo Friendly Dan Responsive
Sebenarnya letak Seo Onpage sendiri tepat didalam blog tersbeut, tak terkecuali dengan Template nya. Saat pertama kali menjadi seorang Blogger, saya memilih Template Dynamis Default Blogger dan hasil nya juga cukup membuat saya senang. Rata-rata template default dari Blogger mempunyai kecepatan loading yang sangat fast, namun templte default Blogger sangat tidak Seo Friendly.
Jadi, gunakan Seo Friendly & Responsive Blogger Template yang akan membuat blog sobat menjadi nyaman dikunjungi Visitor & Search Engine. Sedikit info, 40% pengguna internet menggunakan perangkat mobile / smartphone dalam setiap hari nya untuk menggunakan internet. Oleh sebab itu, jika sobat tidak menggunakan Responsive Blogger Template maka sobat akan kehilangan 40% visitor setiap hari nya.
Untuk mendapatkan Seo Friendly & Responsive Blogger Template, sobat bisa memilihnya di Seo & Responsive Blogger Template.

3. Setting Judul, Deskripsi, Niche Dan URL Blog Dengan Benar
Judul, deskripsi, niche dan URL blog juga sangat berpengaruh pada Seo. JIka blog sobat berniche mengenai Kesehatan, maka gunakan juga judul yang berbau kesehatan, seperti “Sehat Online” atau yang lain nya, deskirpsi nya bisa “Ketahuilah tips-tips untuk menjaga tubuh tetap sehat hanya di Sehat Online” dan URL nya “tips-sehat.blogspot.com” atau yang lain nya
Intinya, sesuaikan lah Judul, deskripsi, niche dan URL blog sobat. Saat ini Niche yang paling popular dikalangan visitor, setidak nya ada 5.

• Niche Kesehatan
Niche Kesehatan banyak dicari oleh masyarakat karena semua tentang Kesehatan baik itu Tips, Pengobatan, maupun pencegahan dari sebuah penyakit tidak akan berubah sampai kapan pun. Makanya Niche Kesehatan juga salah satu niche yang paling awet.

• Niche Bekerja Online
Sekarang semakin susah untuk melamar sebuah pekerjaan di dunia nyata. Sebab itulah banyak orang yang berpindah untuk mencari pekerjaan secara online karena jauh lebih praktis dan mudah. Tak pelak Niche Tentang Cara Bekerja Online pun sedang naik daun sekarang karena mudah nya mencari pundi-pundi dengan praktis

• Niche Tips & Tutorial
Niche Tips & Tutorial juga menjadi yang terpopuler. Hampir 50% keingintahuan dari masyrakat dicari secara online. Mereka tidak mau repot-repot untuk mengetahui sesuatu dengan menanyakan ke seseorang. Sekarang, masyarakat lebih sering bertanya ke Bah Google, hehe.. Ini memang sudah menjadi fakta. Maka Niche Tips & Tutorial pun menjadi ketiga dari yang terfavorit

• Niche Blogging
Ini lah yang menjadi niche dari Anas Blogging Tips. Semakin besarnya keinginan masyarakat untuk membuat suatu website mereka dengan gratis telah membuat Niche Blogging menjadi naik daun. Tidak hanya menjelaskan cara membuat blog, tetapi dengan Niche Blogging juga sobat bisa membuat artikel yang berwawasan luas sehingga menciptakan cabang dari satu artikel dasar. Maka nya sobat disarankan untuk menggunakan Niche Blogging tetapi jika sobat masih belum tahu sepenuhnya ya jangan dipaksakan.

• Niche Berita / Otomotif / Teknologi
Ketiga Niche ini lagi hangat-hangat nya karena perkembangan Teknologi yang pesat sehingga Berita Terupdate pun bisa diketahui melalui internet. Tetapi. Jika sobat memilih Niche Berita, ada bagus nya sobat juga mendampingi nya dengan Niche lain seperti Otomotif karena suatu berita tentu akan menjadi basi seiring waktu, karena itulah diperlukan Niche Sampingan yang tidak akan pernah punah dan awet.

Cara Menyetel Dan Mengatur Deskripsi Blog

Seperti apa yang sudah saya katakan di atas, sobat perlu untuk menyetel Deskripsi blog sobat. Berikut cara-caranya :
1. Login ke akun Blogger sobat seperti biasa
2. Masuk ke menu Setelan
3. Di bagian Dasar, ada setelan Deskripsi blog di bawah Judul blog
4. Klik saja dan silahkan masukan Deskripsi blog sobat dengan benar. Maksimal karakter nya adalah 150 Karakter termasuk spasi. Gunakan saja Deskripsi yang simple namun mampu untuk menjelaskan semua mengenai blog sobat. Contoh “Anas Blogging Tips. Tempat Terbaik Belajar Blogging, Tips Internet & Tips Facebook Unik Lain nya” dengan Deskripsi di atas bisa menjelaskan semua tentang Anas Blogging Tips.
5. JIka sudah, klik Selesai dan klik tombol Simpan yang terletak di atas sebelah kanan.

4. Memasang Meta Dan Title Tag Seo Friendly 100%
Meta Tag adalah sejenis Tag Meta yang fungsinya untuk memerintah Robot dan mengatur Setting blog sobat agar lebih Seo Friendly terhadap Search Engine. Banyak sekali yang membagikan Meta Tag Seo, tetapi kadang ada yang hanya asal membagikan nya dan tidak terbukti meningkatkan Seo blog .
Di artikel ini saya akan membagikan Meta Tag Seo 100% yang digunakan Anas Blogging Tips secara GRATIS. Simak dengan baik ya.
1. Saya anggap sobat sudah Login pada blog sobat ya
2. Masuk ke menu Template
3. Klik Edit HTML
4. Tekan CTRL + F dan ketik <head> maka akan muncul kode nya
5. Copy script berikut DIBAWAH KODE <HEAD>

<meta charset='utf-8'/>
<meta content='width=device-width,
initial-scale=1' name='viewport'/>
<meta content='blogger' name='generator'/>
<meta content='text/html;
charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/>
<link href='http://www.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='openid.delegate'/>
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>
<b:if cond='data:blog.pageType ==
&quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType !=
&quot;error_page&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> -
<data:blog.title/></title>
</b:if></b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType ==
&quot;error_page&quot;'>
<title>Page Not Found - <data:blog.title/></title>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType ==
&quot;archive&quot;'>
<meta content='noindex' name='robots'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.searchLabel'>
<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.isMobile'>
<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType !=
&quot;error_page&quot;'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
<script type='application/ld+json'>{
&quot;@context&quot;: &quot;http://schema.org&quot;,
&quot;@type&quot;: &quot;WebSite&quot;,
&quot;url&quot;: &quot;http://tips-anas.blogspot.com/&quot;,
&quot;potentialAction&quot;: { &quot;@type&quot;:
&quot;SearchAction&quot;, &quot;target&quot;:
&quot;http://tips-anas.blogspot.com/?q={search_term}&quot;,
&quot;query-input&quot;: &quot;required name=search_term&quot;
} }</script>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl !=
data:blog.url'>
<meta expr:content='data:blog.pageName
+ &quot;, &quot; + data:blog.pageTitle + &quot;, &quot; +
data:blog.title' name='keywords'/>
</b:if></b:if>
<b:if cond='data:blog.url ==
data:blog.homepageUrl'>
<meta content='Blog, Cara Membuat Blog, Blogspot, Artikel
Blog, Tips Dan Cara Menulis Artikel, Template SEO, Template Fast Loading,
Template Responsive, Blog 100% SEO, Tips SEO, Optimalkan SEO, Widget Blog,
Panduan Blog, Google Adsense, Internet, Visitor Blog, Cara Tingkatkan Traffic
Blog' name='keywords'/></b:if>
<link expr:href='data:blog.homepageUrl
+ &quot;feeds/posts/default&quot;' expr:title='data:blog.title +
&quot; - Atom&quot;' rel='alternate' type='application/atom+xml'/>
<link expr:href='data:blog.homepageUrl
+ &quot;feeds/posts/default?alt=rss&quot;' expr:title='data:blog.title
+ &quot; - RSS&quot;' rel='alternate' type='application/rss+xml'/>
<link expr:href='&quot;http://www.blogger.com/feeds/&quot; + data:blog.blogId
+ &quot;/posts/default&quot;' expr:title='data:blog.title + &quot;
- Atom&quot;' rel='alternate' type='application/atom+xml'/>
<b:if cond='data:blog.pageType ==
&quot;item&quot;'>
<b:if
cond='data:blog.postImageThumbnailUrl'>
<link expr:href='data:blog.postImageThumbnailUrl' rel='image_src'/>
</b:if></b:if>
<link href='/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/>
<link href='https://plus.google.com/105250870757154277776/posts' rel='publisher'/>
<link href='https://plus.google.com/105250870757154277776/about' rel='author'/>
<link href='https://plus.google.com/105250870757154277776' rel='me'/>
<meta content='kode verifikasi google' name='google-site-verification'/>
<meta content='kode verifikasi bing' name='msvalidate.01'/>
<meta content='kode verifikasi alexa' name='alexaVerifyID'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<meta content='Muhammad Anas' name='Author'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='all' name='audience'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>
<b:if cond='data:blog.url ==
data:blog.homepageUrl'>
<b:if cond='data:blog.pageType ==
&quot;item&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageType ==
&quot;static_page&quot;'>
<b:if cond='data:blog.url'>
<meta expr:content='data:blog.url' property='og:url'/>
</b:if>
<meta expr:content='data:blog.title' property='og:site_name'/>
<b:if cond='data:blog.pageName'>
<meta expr:content='data:blog.pageName' property='og:title'/>
</b:if></b:if></b:if></b:if>
<meta expr:content='data:blog.pageTitle' property='og:title'/>
<b:if cond='data:blog.pageType ==
&quot;item&quot;'>
<meta content='article' property='og:type'/>
<b:else/>
<meta content='website' property='og:type'/>
</b:if>
<meta expr:content='data:blog.canonicalUrl' property='og:url'/>
<b:if cond='data:blog.postImageUrl'>
<meta expr:content='data:blog.postImageUrl' property='og:image'/>
<b:else/>
<b:if
cond='data:blog.postImageThumbnailUrl'>
<meta expr:content='data:blog.postThumbnailUrl' property='og:image'/>
<b:else/>
<meta expr:content='data:blog.blogspotFaviconUrl' property='og:image'/>
</b:if></b:if>
<b:if
cond='data:blog.metaDescription'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' property='og:description'/>
<b:else/>
<meta content='xxxxx' property='og:description'/>
</b:if>
<meta expr:content='data:blog.title' property='og:site_name'/>
<meta content='794455517338773' property='fb:app_id'/>
<meta content='muhammad.annas.566' property='fb:admins'/>
<meta content='en_US' property='og:locale'/>
<meta content='en_GB' property='og:locale:alternate'/>
<meta content='id_ID' property='og:locale:alternate'/>
<meta content='summary' name='twitter:card'/>
<meta expr:content='data:blog.pageTitle' name='twitter:title'/>

<meta content='id twitter' name='twitter:creator'/>

Keterangan :

Ganti yang berwarna merah dengan Keyword blog sobat
Ganti yang berwarna oranye dengan ID Google+ sobat
Ganti yang berwarna biru masing-masing dengan kode Verifikasi Google, Bing, dan Alexa (Untuk cara mendapatkan kode verifikasi nya, akan saya jelaskan dibawah) 
Ganti yang berwarna kuning dengan Nama sobat
Ganti yang berwarna hijau masing-masing dengan ID Aplikasi & ID Profile Facebook sobat

6. Dan langkah yang terakhir adalah save template dan merefresh blog sobat

Namun, saya juga mempunyai Meta Tag Seo Versi New Johny Wuss
  
Sama, letakan kode di bawah kode <head>

<b:ifcond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
    <b:ifcond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
     <b:else/>
      <title><data:blog.pageTitle/> | Tempat Terbaik Belajar Blogging </title>
      </b:if>
      <b:else/>
      <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
      </b:if>
 <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
 <meta expr:content='data:blog.pageName' name='keywords'/>
 <link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>
<b:ifcond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta content='Blog, Cara Membuat Blog, Blogspot, Artikel Blog, Tips Dan Cara Menulis Artikel, Template SEO, Template Fast Loading, Template Responsive, Blog 100% SEO, Tips SEO, Optimalkan SEO, Widget Blog, Panduan Blog, Google Adsense, Internet, Visitor Blog, Cara Tingkatkan Traffic Blog’ name='keywords'/>
<meta content='Muhammad Anas' name='Author'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='all' name='robots'/>
<meta content='index, follow' name='robots'/>
</b:if> 

Keterangan :

Ganti kode berwarna biru dengan Judul blog  sobat
Ganti kode berwarna merah dengan Keyword blog sobat
Ganti kode berwarna hijau dengan Nama sobat

Terserah sobat mau menggunakan Meta Tag Seo & Title Tag Seo versi saya atau versi New Johny Wuss. 

Untuk mengecek Seo nya cukup pergi ke Chkme.com dan masukan URL Link blog sobat maka secara otomatis Chkme akan memberikan info lengkap mengenai Seo blog sobat.


5. Memverifikasi Blog Di Google, Bing, Yahoo Webmaster, Dan Di Alexa.com
  
Setelah menerapkan Teknik Dan Strategy memasang Meta Tag Seo 100% seperti di atas, langkah selanjutnya adalah Memverifikasi Blog di ketiga Search Engine Terbesar, Yakni Google, Bing & Yahoo.

Saya anggap sobat sudah Submit blog sobat di Google Webmaster, untuk mengetahui cara nya, silahkan simak penjelasan nya di Cara Submit Blog Ke Google Webmaster Dengan Mudah. Tetapi, sobat belum memverifikasi kepemilikan properti tersebut. Sehingga Search Engine pun masih belum 100% yakin untuk mengindex semua Link blog sobat. Jadi itulah penting nya untuk Memverifikasi nya.

• Pertama. Verifikasi Blog Di Google Webmaster

SIlahkan masuk ke google.com/webmaster dan login seperti biasa, selanjutnya, pilih blog mana yang akan diverifikasi, dan pada Dashboard blog tersebut, klik ikon Gear yang terletak di sebelah kanan atas, maka akan muncul menu dropdown, diantara menu dropdown tersebut ada menu “Detail Verifikasi / Verification Detais” klik menu tersebut.

Teknik Melakukan Seo Onpage Paling Ampuh By Anas Blogging Tips

• Lalu, sobat akan berada di halaman yang ada kolom untuk memasukan email sobat, namun klik tautan yang bertuliskan “Verifikasi Dengan Metode Alternatif / Verification With Different Methods” yang berada di atas sebelah kiri. Saya yakin sobat bisa menemukan nya tanpa ada petunjuk gambar dari saya

• Setelah tautan tersebut diklik, sobat akan berada di hakaman untuk memilih jenis metode alternatif yang akan digunakan. Pilih jenis “Tag HTML” lalu akan muncul kode yang harus dimasukan ke dalam bagian dari Template blog sobat

Teknik Melakukan Seo Onpage Paling Ampuh By Anas Blogging Tips

Buka Notepad, atau software sejenisnya, copy semua kode dan paste pada notepad. Selanjutnya pada notepad, copy hanya kode yang saya berikan kotak biru (ID Verifikasi). Kode ID Verifikasi nya adalah kode yang saya berikan kotak biru, sobat tidak bisa memblok kode tersebut dan pasti akan otomatis memblok semua kode, nah karena itulah sobat membuka notepad, paste semua kode nya, lalu hapus semua kode kecuali  ID Verifikasi nya.

• Buka tab baru, login pada akun Blog sobat, masuk ke menu Template, klik edit html, dan saya anggap sobat sudah memasang Kode Meta Tag Seo 100% Versi Anas Blogging Tips, maka sobat tinggal mencari kode verifikasi google dan menggantinya dengan ID Verifikasi tadi yang dicopy dari Notepad. Jika sudah, save template 

• Langkah terakhir, kembali ke tab Google Webmaster. Klik Ikon Verifkasi / Verifiy yang terletak di bagian paling bawah berbackground merah

Itulah Cara Memasang Kode Verifikasi Google

• Kedua. Selanjutnya adalah Verifikasi Di Bing Webmaster

Silahkan sobat kunjungi bing.com/webmaster. Tetapi, sebelumnya sobat harus mempunyai akun Microsoft untuk dapat login di Webmaster Bing. Sobat dapat melihat tutorial cara membuat nya di tempat lain.

• Jika sobat sudah berhasil membuat akun Microsoft, langsung login saja ke tautan di atas. Maka sobat akan berada di halaman Dashboard layak nya di Google Webmaster. Berikut tampilan nya.

https://www.facebook.com/groups/Keluarga.Blogger.Indonesia/1818589485043017/?notif_t=group_activity

Klik tombol Add Site yang berada di tengah

• Jika sudah di klik, sobat akan diminta untuk memasukan URL beserta Sitemap blog sobat. Untuk sitemap nya, masukan saja URL blog sobat, dan tambahkan /feeds/post/default dibelakang nya, seperti gambar dibawah ini :

Teknik Melakukan Seo Onpage Paling Ampuh By Anas Blogging Tips

• Di halaman selanjutnya, klik Verifiy Now di samping URL blog yang telah disubmit. Scroll ke bawah sampai ada Options / Pilihan 2 isi nya adalah Meta Tag serta Kode ID Verifikasi nya. Copy kode sebelum tanda “ sampai tanda “, umum nya kode verifikasi Bing hanya berisi angka seperti gambar berikut :

Teknik Melakukan Seo Onpage Paling Ampuh By Anas Blogging Tips

• Setelah Kode ID Verifikasi Bing sudah sobat copy, seperti biasa pergi ke edit HTML blog sobat dan ganti kode verifikasi bing (tepat dibawah kode verifikasi google) dengan Kode ID Verifikasi Bing yang tadi. Save template

• Dan langkah yang terakhir adalah klik Verifiy di halaman tempat sobat mendapatkan kode nya. Mudah bukan ? hanya ada sedikit perbedaan antara Google & Bing. Sementara untuk Yahoo sobat tidak perlu karena Bing & Yahoo masih dalam satu induk yang artinya jika sobat submit di Bing, maka akan otomatis tersubmit di Yahoo juga.

• Terakhir. Yang terakhir adalah mendapatkan Kode Verifikasi Alexa agar Alexa dapat selalu mengupdate Rank Alexa blog sobat. Pertama, silahkan kunjungi alexa.com/siteowners/claim maka sobat akan berada di halaman seperti dibawah :

Teknik Melakukan Seo Onpage Paling Ampuh By Anas Blogging Tips

Masukan saja URL blog yang akan diverifikasi

• Sebelum melangkah lebih jauh, sobat diharuskan daftar terlebih dahulu, banyak koq tutorial nya di tempat lain. Jika sudah mempunyai akun, login saja seperti berikut :

Teknik Melakukan Seo Onpage Paling Ampuh By Anas Blogging Tips

• Selanjutnya, sobat akan diminta untuk memilih Metode Verifikasi, pilih saja nomo 2 yang merupakan jenis Tag HTML. Lalu copy Kode yang saya berikan warna biru

Teknik Melakukan Seo Onpage Paling Ampuh By Anas Blogging Tips

Cari kode verifikasi alexa dan ganti dengan kode Verifikasi nya.

Selamat sobat sudah Memverifikasi blog sobat di 4 Situs Utama maka mereka pun akan yakin bahwa sobat lah pemilik blog tersebut. Manfaat dari Verifikasi ini adalah, Search Engine baik itu Google maupun Bing akan lebih cepat mengindex blog sobat. Rank Alexa blog sobat akan lebih sering diupdate dan masih banyak lagi manfaat yang tidak dapat disadari.

6. Menyetel Robot.txt Khusus Untuk Meningkatkan Seo Blog

Sobat tahu apa itu Robot.txt ? Ya, sebenarnya saya juga tidak tahu sih, hehe.. Tapi sepengetahuan saya, Robot.txt itu semacam kode perintah untuk menyuruh Robot Google sehingga datang dan mengcrawl / merayapi blog sobat. 

Login di Blogger seperti biasa, masuk ke menu Setelan klik bagian Prefensi Dan Penulusuran scroll sampai bawah, maka sobat akan melihat pilihan Robot.txt Khusus geser scroll nya kekiri untuk mengaktifkan nya, lalu isi dengan kode dibawah ini :

User-agent: Mediapartners-Google 
Disallow:  
User-agent: Googlebot 
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0

User-agent: *
Disallow: /search
Sitemap: http://www.anastips.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Ganti kode, yakni alamat Anas Blogging Tips dengan alamat blog sobat. Selanjutnya, klik simpan

7. Menyetel Tag Tajuk Robot.txt

Setelah melakukan langkah keenam, jangan keluar dulu dari bagian Setelan blog karena sobat juga harus mengatur Tag Tajuk Robot.txt nya, silahkan ikuti saja sesuai gambar :

Teknik Melakukan Seo Onpage Paling Ampuh By Anas Blogging Tips

Dan yang terkahir adalah klik Simpan Perubahan.

8. Cara Submit Artikel Yang Seo Di Index Google

Nah, setelah sobat mempublikasikan sebuah artikel, mungkin sobat akan heran jika sobat mencoba untuk mencarinya di Google tetapi tak kunjung ketemu. Ini adalah masalah simple yang seringkali Newbie hadapi.

Sebenarnya, walaupun sobat sudah men Submit & Verifikasi blog sobat di Google tidak akan memastikan semua artikel sobat akan muncul di Search Engine karena dampak dari Submit & Verifikasi hanya lah meyakinkan Google namun tidak menyuruh agar Robot Google merayapi artikel sobat

Untuk mengatasinya, silahkan pergi ke google.com/webmaster/tools/submit-url maka sobat cukup memasukan Link Artikel yang akan disubmit ke Index Google dan menyelesaiakn kode Captcha nya, langkah yang terakhir adalah klik Kirim 

Teknik Melakukan Seo Onpage Paling Ampuh By Anas Blogging Tips

9. Menggunakan Fitur Fetch As Google Dijamin Artikel Terindeks + Masuk Page One Google 100%

Tahukah sobat fungsi rahasia dari Fetch As Google ? Ini adalah fungsi pelengkap untuk membuat Google agar segeran Merayapi Artikel Sobat. Dengan menggabungkan cara di atas dan cara ini, bisa dipastikan artikel sobat akan terindeks dalam waktu dekat dan berpeluang berada di Page One Google. Inilah cara rahasia yang di pakai   agar artikel masuk Page One. Untuk melakukan Fetch As Google, silahkan menuju Dashboard di Google Webmaster. Lalu pilih blog nya, masuk ke bagian Crawl / Perayapan dan menuju Fetch As Google / Fetch Sebagai Google. 

Teknik Melakukan Seo Onpage Paling Ampuh By Anas Blogging Tips

Langkah selanjutnya, masukan Link bagian belakang dari URL .com blog sobat. (com/Link-yang-dimasukan-terletak-disini.html) Untuk lebih jelas, lihat gambar

Teknik Melakukan Seo Onpage Paling Ampuh By Anas Blogging Tips

Jika sudah, klik Fetch And Render, lalu tunggu beberapa saat sampai Link yang disubmit tadi masuk daftar Index yang berada di bawah (dengan label “URL Submitted To Index”)

Tetapi, belum sepenuhnya di Index karena Google membutuhkan verifikasi sobat dengan tanda muncul nya tombol “Submit To Index” tekan saja tombol tersebut, lalu sobat akan disuruh untuk memilih 2 pilihan, pilih pilihan pertama “Crawl Only This URL / Rayapi URL Ini Saja” agar blog sobat tidak mempunyai Inbound & External Link yang terlalu banyak.

10. Submit Artikel Di Bing

Langkah yang terakhir dalam Panduan Lengkap Seo Onpage adalah mensubmit artikel sobat di Bing.

Cukup kunjungi bing.com/toolbox/submit-site-url maka sobat hanya disuruh untuk memasukan URL Link artikel nya beserta menyelesaikan kode Captcha lalu klik Submit.

Teknik Melakukan Seo Onpage Paling Ampuh By Anas Blogging Tips

Dengan melakukan ke 10 langkah diatas, saya jamin blog sobat akan bertengger di Page One Google dengan Seo blog 100%. Terserah sobat mau memilih cara saya atau menggunakan cara yang lain. 

Baiklah, itulah Penjelasan Lengkap mulai dari Pengertian, Definisi, Jenis-jenis Seo sampai Cara Melakukan Seo Onpage 100% Muncul Di Page One Google.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Melakukan Seo On Page Paling Ampuh"

Post a Comment