Kiat Menangani Komentar Negatif Di Blog

Kiat Menangani Komentar Negatif Di Blog

 Salah satu hal yang menghawatirkan bagi sebagian blogger, terutama pada saat awal memulai aktivitas blogging, adalah apa yang harus dilakukan apabila memperoleh komentar yang negatif dari para pembaca.

Lalu sebagai jalan pintas anda mematikan kolom komentar yang ada pada blog anda karena hal tersebut akan membuat Anda menjadi kehilangan peluang untuk berinteraksi dengan para pembaca serta mendapatkan berbagai masukan dari mereka dengan cara mematikan fasilitas komentar yang ada pada blog anda hanya karena alasan merasa ‘takut’ terhadap adanya komentar negatif.

Satu hal yang harus selalu anda diingat adalah Anda harus selalu memiliki kontrol, Anda lah yang harus mengendalikannya.

Sehingga jika pada suatu saat Anda menerima sebuah komentar yang bernada negatif, pelampiasan marah, mencemooh maupun sejenisnya, maka Anda akan memiliki beberapa opsi yang bisa anda pilih untuk menanganinya.


Dan inilah 5 kiat yang dapat Anda lakukan untuk menangani berbagai komentar negatif di blog Anda :


1. Sebaiknya Abaikan Saja.

Meski bukanlah termasuk cara yang baik dalam menanggapi komentar, manahan diri dan mengabaikan komentar negatif merupakan salah satu pilihan yang dapat Anda lakukan sebagai pilihan pertama bila menerima komentar negatif dari pembaca blog.

Hal yang anda lakukan hanyalah membiarkan komentar itu tetap berada di tempatnya, tapi ingat! jangan memberikan tanggapan apapun terhadap komentar tersebut.

Kerugian yang mungkin dapat ditimbulkan oleh cara ini adalah cara ini dapat menyebabkan pembaca lain menjadi merasa tidak tertarik untuk memberi komentar (karena mereka beraanggapan jika anda tidak pernah mau menanggapi komentar yang masuk).

Hal ini belum ditambah lagi bila Anda sudah mendapatkan terlalu banyak komentar negatif (spam) , hal itu tentu akan membuat nama baik blog menjadi tampak ‘buruk’ di mata pembaca anda.


2. Hapus Lebih Baik.

Cara termudah yang bisa anda lakukan untuk menangani komentar negatif selain dengan cara membiarkannya adalah dengan cara menghapusnya.

Cara ini merupakan cara yang cukup efisien dan juga efektif untuk anda lakukan sebagai respon anda terhadap komentar negatif yang anda terima.

Menghapus komentar negatif merupakan cara menanggapi komentar negatif yang cukup efektif terutama bila hal ini dilakukan oleh mereka yang berkomentar dengan tujuan untuk ‘memancing’ reaksi negatif dari orang lain.



3. Hapus Komentar, Kemudian Kirim Sebuah Email Untuk Penulisnya.

Cara yang ketiga ini merupakan opsi pengembangan dari opsi nomor dua di atas. Selain Anda menghapus komentar negatif tersebut, Anda juga lalu mengirimkan pesan kepada si pemberi komentar.

Cara ini sangat tepat ditujukan untuk menanggapi komentar yang tidak sepenuhnya berupa spam, namun komentar salah paham karena ada kesalahan dalam memahami isi artikel yang Anda tulis.

Tapi ingatlah tulislah pesan email secara profesional, jelaskan secara singkat namun jelas mengenai alasan mengapa Anda harus menghapus komentarnya.

Biasanya, jika kita melakukan hal diatas secara baik dan sopan, mereka bisa jadi mereka justru akan meminta maaf dan hal itu akan mencegah mereka untuk berkomentar negatif lagi di blog Anda.


4. Balaslah Komentarnya Dengan Baik.

Sebaiknya sesekali Anda harus membiarkan komentar negatif agar tetap muncul di blog Anda, lalu gunakan kesempatan bagus inj untuk menanggapinya.

Mungkin cara nomor empat inilah yang merupakan opsi terbaik diantara opsi-opsi lain yang bisa anda pilih bila menerima komentar negatif.

Hal ini tentu akan sangat baik bagi para pembaca lain maupun bagi si pemberi komentar negatif itu sendiri.

Jika Anda memutuskan untuk memilih menjawab komentar negatif ini, maka satu hal yang harus anda perhatikan yaitu anda jangan menanggapinya dengan kemarahan.

Berilah balasan yang bersahabat serta profesional. Dengan cara begitu, maka Anda akan bisa mengesankan pembaca lain atas ‘kesabaran’ Anda menanggapi komentar negatif.

Selain itu mungkin saja si pemberi komentar negatif akan meminta maaf atau meminta anda agar menghapus komentarnya.



5. Matikan Saja Kolom Komentar Blog Anda.

Secara pribadi, saya beranggapan bahwa cara ini merupakan upaya terakhir, dan hanya perlu dilakukan apabila semua upaya lainnya telah gagal dilakukan.

Seperti yang telah saya sampaikan di awal tadi, bahwa banyak blogger yang justru memilih untuk mematikan kolom komentar yang ada di blognya.

Namun jika Anda mendapatkan banyak sekali komentar negatif, maka mungkin sebaiknya Anda dapat mempertimbangkan agar mematikan kolom komentar untuk sementara waktu.


6. Melakukan Moderasi Komentar Untuk Pencegahan.

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Dan begitu juga dengan menanggapi komentar negatif jika Anda tidak mau melakukan banyak upaya sejauh ini hanya untuk mengatasi komentar negatif, maka sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk melakukan upaya moderasi terhadap semua komentar yang masuk sebagai langkah pencegahan.

Dengan cara memberikan moderasi terhadap semua komentar yang masuk maka Anda akan memiliki kesempatan untuk memutuskan komentar mana yang bisa tampil dan mana yang tidak.

Dan cara ini adalah cara yang banyak dilakukan kalangan blogger yang memiliki banyak waktu untuk mempertimbangkan apakah komentar yang masuk tersebut merupakan komentar yang layak tampil atau tidak.


Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menanggapi komentar-komentar negatif yang mungkin akan anda terima dari para pembaca anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kiat Menangani Komentar Negatif Di Blog"

Post a Comment